Suryadi

Perpustakaan Dunia Koleksi Naskah Buton

3 Aug 2007 - 11:23 WIB

suryadi-perpustakaan-dunia-koleksi-naskah-buton

Kendari- Puluhan naskah Buton dalam bentuk surat resmi yang menggambarkan eksistensi kerajaan Buton pada masa lalu saat ini banyak tersimpan di sejumlah perpustakaan dunia seperti Belanda dan Inggris. Naskah tersebut menjadi koleksi yang tinggi nilainya karena dapat membuka tabir pemerintahan kesultanan buton dan VOC Belanada pada masa itu.

Demikian disampaikan Suryadi, dosen budaya di Universitas Laiden Belanda, saat membawakan materi pada seminar internasional tentang khazanah kebudayaan melayu di Sultra yang digelar Pusat Penelitian Budaya dan Pariwisata Unhalu, Senin (23/7).

“Surat tersebut telah beratus tahun lamanya tersimpan di luar negeri,” ungkap Suryadi. Tiga surat terakhir yang menjadi kajian akdemis, menurut Suryadi, saat ini berada di perpustakaan Universitas Laiden Belanda. Dua diantaranya diterbitkan oleh Sultan Dayyan Asraruddin, Sultan Buton ke-27 yang memerintah tahun1799 hingga 1822 dan Sultan Kaimuddin I, Sultan Buton ke-29 yang memerintah tahun 1821 hingga 1851.

Kedua surat Sultan Dayyan Asraruddin, kata Suryadi, saat itu ditujukan kepada Gubernur Jenderal Hindia Belanda di Batavia. Sementara surat Sultan Kaimuddin I dikirim kepada Kolonel Jan David van Schelle, penguasa sipil dan militer kompeni di Makassar.

Selain tiga koleksi surat tersebut, Universitas Laiden juga mengoleksi lima naskah surat kesultanan Buton. Kelima surat itu merupakan surat Sultan Muhyiuddin Abdul Gafur kepada pemerintah Belanda di Batavia, sebagai sahabat sejati pemerintah Belanda.

“Sejak zaman VOC hingga dibubarkan tahun 1960, kesultanan Buton adalah sekutu pemerintah Belanda,” ungkap Suryadi. Persekutuan terbentuk atas dasar ingin mendapatkan perlindungan dari ancaman dua kerajaan tetangga yaitu Gowa (Makassar) dan Ternate yang selalu bersaing berebut pengaruh di kawasan timur nusantara.

www.kendariekspres.com, Kredit foto : www.answers.com

Sumber : http://melayuonline.com 03 agustus 2007


TAGS  


Comment

Author

Recent Post

Recent Comments

Archive