Suryadi

Syair Lampung Karam

2 Jan 2010 - 19:57 WIB

buku-slkJudul : Suryadi, Syair Lampung Karam, sebuah dokumen Pribumi tentang DAHSYATNYA LETUSAN KRAKATAU 1883

Penerbit : Komunitas Penggiat Sastra Padang (KPSP)

Tahun terbit : Cetakan Ke-1 Agustus 2009 dan Cetakan Ke-2 Januari 2010

Jumlah halaman : xiv + 206 Halaman.

ISBN : 979-602-95502-0-7


Boleh saja Anda pernah membaca buku Krakatau karya Simon Winchester yang terbit 3 tahun lalu. Tapi yang hendak diceritakan kepada anda semua adalah sebuah buku yang sangat eksklusif, yang baru terbit, penulisnya Suryadi Sunuri, Dosen dan Peneliti untuk Faculteit der Geesteswetenschappen, Leiden Institute for Area Studies, SAS Indonesie. Universitas Leiden, Belanda.

Buku ini Eksklusif karena dari lebih seribu tulisan dalam bentuk artikel dan buku (ilmiah dan sastra) tentangnya telah ditulis orang, sejak abab ke-19 sampai abad ke-21, namun belum pernah ada sumber klasik pribumi yang dijadikan sumber atau dibaca oleh masyarakat indonesia. Sekarang, dan sebentar lagi, Anda mungkin akan jadi orang pertama untuk membaca laporan yang sangat humanis tentang peristiwa letusan Krakatau tahun 1883 tersebut.


Lebih dari sekadar untuk memperkenalkan salah satu teks karangan pribumi sendiri tentang letusan krakatau yang selama ini dilupakan orang, buku yang memuat transliterasi dan edisi kritis Syair Lampung Karam ini, juga dilengkapi dengan sebuah album visual yang menapaktilasi masa lampau Krakatau dalam rekaman gambar, sketsa, dan ilustrasi.


Suryadi telah menelusuri edisi-edisi cetak batu (litografi) naskah tersebut sampai ke sejumlah negara di Eropa Barat, Eropa Timur dan Asia Tenggara.


Akhirnya sebuah kabar menggembirakan bahwa dokumen yang ditulis Tahun 1883 sudah bisa kita nikmati sekarang, 126 Tahun kemudian. Terlebih dokumen tersebut menyangkut salah satu peristiwa besar di dunia yakni letusan Gunung Krakatau di Selat Sunda Tahun 1883.


Maaf, Mungkin anda tak dijamin jadi pembaca yang pertama, karena terbatasnya dana untuk mencetak dan peredaran/pendistribusiannya terbatas. Kalau ingin aman, bisa pesan via email ke: rang-dapua@rantaunet.org atau sms ke 0812 9587040. Harga pengganti ongkos cetak dan pengiriman untuk wilayah Jaboidetabek Rp. 50,000 saja. Jadi ini sudah dikorting khusus untu sanak yang berada di Jabodetabek, untuk yang diluar Jabodetabek, silahkan ditambah seiklasnya sebagai tambahan ongkos kirim, karena sebagian keuntungan dari penjualan buku ini melalui email diatas, menjadi kas untuk Dana Taktis Operasional Rang Mudo Palanta RantauNet http://groups.google.com/group/RantauNet, Sementara untuk pengiriman ke luar negeri akan dikalkulasikan dulu untuk biaya pengeriman kenegara yang akan dikirimkan.

* Jangan Sampai KehabisanIni Buku Sangat Eksklusif


TAGS  


Author

Recent Post

Recent Comments

Archive