Suryadi

Di Belanda Ada Parpol Penggemar Anjing

11 Jan 2011 - 23:39 WIB

TRIBUN-TIMUR.COM - Di Belanda, anjing diperlakukan layaknya manusia. Anjing sering dianggap sudah bagian dari anggota keluarga. Anjing boleh masuk ke bagian rumah mana saja, mulai dari dapur sampai ke kamar tidur.

Acap kali penggemar anjing tidur dan makan sepiring bersama, dan mendapat ciuman dari ajingnya apabila akan pergi dan sepulang dari tempat kerja.

Jika anjing mati, akan dikuburkan atau dikremasi layaknya manusia meninggal dan pemiliknya akan merasa kehilangan seperti kehilangan anggota keluarganya.

Di Belanda, anjing wajib diasuransikan dan harus diperiksakan kesehatannya. Dalam waktu tertentu harus dibawa ke salon untuk dirias dan berganti penampilan.

Jika ada yang berniat memelihara anjing maka harus mengisi formuulir dan surat perjanjian. Jika ada pemilik yang menyiksa atau tidak merawat anjingnya, maka akan berurusan dengan Polisi Binatang (dieren politie).

Di negara yang terkenal dengan bunga tulipnya ini juga terdapat partai politik pencinta binatang khususnya anjing, namanya Partij voor de Dieren (Partai Binatang).

Salah satu bentuk perhatian kepada anjing peliharaan adalah mengajaknya jalan-jalan. Ini semacam rutinitas wajib bagi orang yang punya anjing peliharaan.

Saat ini ada peraturan bagi anjing yang sering diajak jalan-jalan oleh pemiliknya. Anjing tidak boleh membuang kotoran di sembarang tempat, harus di toilet anjing atau jika dalam keadaan darurat, menggunakan kantong plastik.(*)

Suryadi, Dosen Universitas Leiden, Belanda

Dimuat : http://makassar.tribunnews.com Selasa, 11 Januari 2011


TAGS  


Author

Recent Post

Recent Comments

Archive