Suryadi

Paco-paco Minangkabau #32. Sumatranenbond ganti pengurus

1 Nov 2015 - 17:35 WIB

     “Karena Sumatranenbond soedah kehilangan beberapa pemoekanja, diantaranja voorzitter Dt. Toemanggoeng dan lid2 bestuur jang lain tinggal sedikit lagi, maka baroe-baroe ini telah diadakan vergadering oentoek melengkapi lagi bestuurnja. Hoofdbestuur dipilih, terdiri dari t.t.: Voorzitter: St. Mohd. Zain (Minangkabau), Secretaris: Parada Harahap (Tapanoeli), 2de secretaris: M. Noer Iskandar (Minangkabau).

     Penningmeesteer: Hamid (Tapanoeli). Komissarissen: M. Sjahriar (Minangkabau), M.A. Moehammad (Palembang), Boerhanoedin (Lampoeng), Dr. Joenoes (Bengkoelen), nanti akan dilengkapi lagi wakil dari Atjeh dan Djambi. Openbare vergadering akan diadakan pada hari Minggu tl. 13 Februari digedoeng Loge Weltevreden. (B. T.).”

***

Laporan majalah PandjiPoestaka, No. 12, Tahoen V, 11 Februari 1927, hlm. 189 (rubrik Kroniek) tentang pergantian pengurus (bestuur) organisasi intelektual Sumatera Sumaranenbond (SB) di Batavia. Belum jelas bagi saya, apakah SB ini identik dengan JongSumatranenbond (JSB) atau IkatanPemudaSumatera. Sebagaimana telah diketahui, JSB didirikan oleh  M. Amir (Minangkabau) dan Teungku Mansoer (Deli) di Batavia tahun 1917, semasa mereka bersekolah di STOVIA, Batavia. Organisasi itu menghimpun para pemuda Sumatera yang belajar di Jawa. Tujuannya adalah menyatukan para intelektual muda dari Pulau Andalas ini guna mencari berbagai ikhtiar untuk memajukan masyarakat mereka.

 

Suryadi – Leiden University, Belanda | Padang Ekspres, Minggu, 11 Oktober 2015


TAGS   Paco-paco Minangkabau / Suryadi Sunuri /


Author

Recent Post

Recent Comments

Archive